Minggu, 31 Januari 2010

Lokasi Wisata di Sekitar Kota Lahat, SUMSEL



PUNCAK BUKIT BESAK

Bukit batu yang terdapat di desa perangai kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan ini..Konon dulunya sebagai para kesatria bertapa mencari ilmu salah satunya serunting sakti yang lebih dikenal Si Pahit Lidah.
Tepatdibawah bukit terdapat pemukiman marge pehangai dengan persawahan yang terbentang luasdan dikelilingi beberapa bukit lainnya..






BUKIT SERELO

Bukit Serelo terletak sekitar 20 km dari kota Lahat. Penduduk setempat menyebutnya Bukit Tunjuk (sebagian gunung Jempol..padahal cuma bukit sih aneh juga), karena bentuk puncaknya yang mirip telunjuk yang mencuat ke langit.

Jika anda bepergian dari Muara Enim, menjelang 20 km memasuki kota Lahat, bukit itu terlihat jelas di sebelah kiri. Dibawahnya terdapat sebuah kompleks untuk menjinakkan, melatih dan mendidik gajah. Sekitar 40 ekor sudah dijinakkan di tempat ini, namun baru sebagian yang dapat diandalkan untuk para pengunjung. Anda dapat juga membuat foto dengan gajah-gajah itu. Tinggal berikan tip sebesar Rp. 5.000,- kepada pawang dan anda dapat berpose sepuasnya. Tidak menjadi soal apakah anda akan memotret untuk 1 roll film atau slide. Tetapi jangan lupa memberikan hadiah kepada gajah-gajah itu, berupa gula-gula, kacang dan sebagainya.

Dibeberapa tempat dibawah bukit terdapat beberapa tempat untuk berkemah atau rekreasi. Para pramuka dan anak-anak muda acapkali mengunjungi tempat-tempat itu. Sebuah sungai kecil dengan air yang jernih dan belum tercemar, dapat menyegarkan anda.




BUKIT KUNING


Sebenarnya tidak hanya Bukit Serelo alias Bukit Jempol yang terdapat didaerah desa Perangai Kec Merapi Selatan Kab Lahat tapi masih banyak lagi salah satunya Bukit Kuning dapat dilihat gambarnya, bukit ini sering dijadikan tempat rekreasi terlebih dihari-hari peringatan dan tidak terlewat oleh siswa-siswa SMP setempat ketika kelulusan, Tapi pengunjung yang tidak pernah absen adalah anak pencinta alam dari berbagai Universitas di SUN-SEL untuk berkemah, diatas Bukit ini juga dapat langsung kita lihat hamparan luas sawah penduduk sekitar dan desa-desa yang terpisah-pisah, hembusan angin yang bersayup-sayup dapat menghilangkan sejenak beban dan rasa penat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari....





AIR TERJUN BIDADARI


Air terjun yang terdapat di desa karang dalam Kabupaten Lahat ini konon di nama'i air terjun bidadari karena pada masa si pahit lidah air terjun ini ketika bulan purnama di datangi para bidadari cantik dari khayangan untuk sekedar berpesta mandi, Karena penasaran mendengar cerita para penduduk di sekitar air terjun akhirnya si pahit lidah mendatangi air terjun tersebut dengan tujuan untuk mengambil selendangnya dan akan di jadikannya istri, karena para bidadari tidak akan bisa kembali apabila selendangnya hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar